Monday 3 February 2014

Mungkin Karena Kita

Bisa jadi hilangnya nilai - nilai Islam disebabkan oleh kita yang acuh tak acuh dengan apa yang terjadi. Acuh tak acuh dengan amalan harian. Acuh tak acuh dengan diri sendiri. 

Tulisan ini adalah untuk mengingatkan diri sendiri bahwa mungkin diri ini lah yang menyebabkan Islam itu tak berkembang. Mungkin diri ini lah yang membuat orang - orang malas untuk berislam dengan kaffah. 

Ada banyak liqoers yang berhenti di tengah jalan. Memilih untuk tak melanjutkan perjalanan karena berbagai alasan. Dalam bukunya, Yang Berguguran di Jalan Dakwah, Fathi Yakan sudah menjelaskan kemunduran seseorang dari jalan dakwah dipengaruhi oleh dua faktor, internal dan eksternal. 

Faktor internal meliputi kecintaannya pada dunia, watak yang tak disiplin, takut akan kemiskinan, bersikap ekstrim dan terlalu melebih - lebihkan, terlalu memudahkan dan meremehkan, dan faktor internal lainnya. Sementara dari luar tak sedikit mereka yang mundur karena ancaman dari keluarga dan kerabat, dan ancaman yang berasal dari orang - orang yang menyukai dakwah berkembang pesat. 


No comments:

Post a Comment