Thursday 2 January 2014

Pelatihan Pemandu Wisata


Beberapa waktu lalu aku mengikuti pelatihan tour guide yang diadakan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kota Tanjungpinang. Kuketahui kegiatan tersebut dari Kak Dwi yang bekerja di dinas itu sekarang.

Menarik. Dari kegiatan ini satu hal yang kupahami, profesi pemandu wisata tak bisa dilakukan oleh orang sembarangan. Mereka adalah orang cerdas, terampil dan amat cakap.

Hal mendasar yang dibutuhkan oleh seorang pemandu wisata adalah kecakapan dalam berkomunikasi dan pengetahuan tentang daerah wisata.

Instruktur bertanya mengapa kami mengikuti kegiatan tersebut, kujawab aku tertarik pada tour guide setalah menonton drama Korea My Girl yang diperankan oleh Lee Da Hee dan Lee Dong Wook. Di drama itu Da Hee berperan sebagai gadis ceria yang bekerja sebagai pemandu wisata. Dan menurutku, dia cool!!!

Oh ya salah seorang instruktur dari Kementerian Pariwisata membuatku harus menghantukkan kepala ke dinding. Dari caranya bercerita, seolah kami adalah anak muda paling tak berpotensi d muka bumi. Yah mungkin itu caranya untuk memotivasi. Whatever, aku pikir dia bisa lakukan apa saja yang dia mau.

Setelah pelatihan itu peserta dijanjikan untuk mendapat pendampingan selama 1 bulan. Ahaha aku beneran optimis dengan ide ini. Bukan bermaksud apatis, skeptis ataupun sarkastik namun waktu membuktikan hal itu tak dilakukan.

Kami memang dibagi di bawah beberapa perusahaan tour n travel, tapi hingga hari ini belum ada tindak lanjut, khususnya aku. Eh atau aku sendiri kali ya yang ga pro aktif ke sana.

Orang sepertiku mungkin kurang cocok untuk terjun langsung menjadi pemandu wisata meskipun aku sangat ingin. Jadi kucoba cara lain. Dengan menulis misalnya :)

No comments:

Post a Comment