Unordered List

Blog Archive

Sample Text

Setiap kali aku malas baca Al Quran dan buku - buku, aku selalu ingat bahwa anak - anakku kelak berhak dilahirkan dari rahim seorang perempuan cerdas lagi sholehah

Followers

Popular Posts

Search

Type your search keyword, and press enter

Ordered List

Contact Us

Name

Email *

Message *

Thursday, 28 November 2013

Friday, 22 November 2013

Plantar Apaan Sih?

Anak gadis memakai kebaya
Kebaya dipakai saat wisuda
Tanjungpinang sungguh mempesona
Asri kotanya ramah warganya

Morning mamen (man and women) gimana nih kabarnya. Moga pagi ini ga sakit perut berlebihan yang bikin kamu harus bolak balik masuk kamar mandi ya ;)

Pernah jalan - jalan ke pasar ga? Yaa minimal nemenin Emak belanjalah biar berbakti dikit noh sama orang tua. Engga repot kok bawain belanjaan Emak, paling isinya ikan sama sayur. Kalo Emak yang doyan belanja sih yaa mesti nambah kantong baju dan sepatu.

Di kesempatan yang berbahagia inih mimin pengen cerita beberapa tempat yang ga keliatan tapi ada (bukan judul lagu Utopia ya) di pasar Tanjungpinang. Oh ya sebelumnya mimin kasih tahu, klo di Tanjungpinang itu ada dua pasar yang sering dikunjungin. Nah beberapa tempat ini ada di pasar yang deket laut, namanya Plantar. Wuuuu cekidot

Pelantar ato yang sekarang ditulis di nama jalan Plantar sebenarnya itu tuh kayak dermaga yang dibangun di atas laut. Modelnya kayak gang atau lorong, ada yang udah di semen alias diaspalin ada juga yang masih terbuat dari kayu. Nah di perkampungan yang dibangun di atas laut (wooowwww!!!) plantar itu semacam penghubung dari satu rumah ke rumah lainnya. Sinilah mimin kasih tau 4 plantar terpopuler di Tanjungpinang.

Plantar I
Dulunya ini plantar jadi tempat berlabuhnya kapal - kapal antar pulau, yaa kira - kira kayak pelabuhan sekarang lah. Di sini nih dulunya sampan layar atau sampan bermesin Seagull berlabuh. Tapi sekarang plantar ini cuma dipakai buat perahu ke Senggarang. Mau ke Plantar I?

Plantar II
Klo Plantar I kita bisa naik pompong ke Senggarang nah di sini perahu yang kita naikin itu menuju Kampung Bugis. DIsebut Kampung Bugis karena di sini banyak tinggal orang - orang Bugis. Pelabuhannya kecil jadi hati - hati ya naik perahunya, kan ga lucu kamu harus nyebur di laut.

Oh ya Plantar II juga jadi tempat kapal - kapal kargo dari pulau - pulau di Kepri mendarat. Karena itu di sini banyak kedai - kedai kopi. Ada juga toko - toko yang ngejual hasil laut yang udah diolah kayak bilis, ikan asin sotong kering dan lain - lain. Makanya plantar ini rame banget.

Plantar III
Orang - orang nyebutnya sih plantar goyang soalnya kaki plantarnya dibuat dari kayu. Jadi kalo kamu lewat plantarnya goyang - goyang gitu. Hati - hati loh mimin ga nyaranin kamu buat joget dangkong di sini :D

Plantar IV
Plantar ini lebih bagusnya disebut plantar Cina soalnya yang tingga di sini kebanyakan orang - orang Cina. Eh hampir semua kali ya.

Kenalin,Namanya Kepri

      No comments   
Hai hai ketemu lagi di dunia dalam laut. Sekarang ga jamannya lagi dunia dalam berita, basi! Kamu mau punya dunia sebatas dalam berita? Itu kecil, man. Coba deh perhatiin, berita kita sekarang banyak dari daerah man? JAKARTA!!

Upss sori nih ya, bukannya kita ngerasa gimana, tapi tipi tipi kita itu cuma nayangin berita - berita dari Jakarta. Dari daerah lain cuma dapat tempat di akhir - akhir, jiaahhh mana ada yang nonton. Itu pun beritanya serem - serem. Milih matiin tipi trus dengerin RRI deh.

Naaaah kali ini kita mau ngajak kamu buat kenalan sama daerah cantik, mungil dan imut - imut yang juga bagian dari Indonesia. Indonesia tuh gede, ga cuma Jakarta. Nih kenalin temen aku namanya Kepri, panjangnya Kepulauan Riau.

Pada belum Kepri? Ahahahha makluuum, emang cuma dikit yang ngenal nih provinsi. Biar tau coba deh buka peta. Ga usah liat Indonesia, pantengin aja tuh peta Malaysia ama Singapura, trus geser dikit ke kiri bawah, nemu deh Kepri :D

Kepri itu sempat terkenal karena merupakan bagian dari provinsi Riau, bahkan ibukotanya ada di sini, Tanjungpinang. Tapi gara - gara alasan klise (upss!) akhirnya nih Kepri jadi daerah pinggiran ga jelas gitu deh. Kasian yak, padahal Kepri pernah jadi pusat perdagangan jaman dulu.

Nah karena gerah jadi daerah pinggiran, abis demo gede - gedean di Jakarta dulu yang tahun 98 itu noh, banyak banget daerah yang mau mandiri, termasuklah di Kepri ini. Tahun 2002 ketok palu deh tuh Bu Megawati Soekarnoputri, ngesahin si dia jadi Provinsi Kepri. Keren kan. Bye bye Riau ;)

Tapi yah yang namanya provinsi baru ya mesti pandai - pandai bertahan hidup. Orang Kepri udah terlatih banget! Hidup bertahun - tahun di bawah Riau bikin mereka belajar banyak. Emang bener - bener tipe pejuang dah.

Para pemikir dan tokoh lokal di Kepri bener - bener kerja keras buat ngidupin Kepri biar bisa mandiri secara ekonomi. Gara - gara gabung ama Riau dulu, Kepri sempat kehilangan identitasnya nih sebagai daerah maritim. Bayangin aja ini provinsi isinya aer semua, daratannya cuma dikit. Ga percaya, terbang aja di atas Kepri -_-

Pemimpin dan tokoh - tokoh ini nyadar banget kalo ini provinsi ga bisa hidup dari tanah, mereka harus manfaatin air. Apalagi daerah ini deket banget sama Singapura, Malaysia, Filipina, Vietnam dan Thailand. Segale maacem dicobain biar ini provinsi makin keren dari taun ke taun.

Sekian dulu kenalan sama Kepri. Tadinya mau ngenalin sisi Kepri yang lain, tapi lain waktu aja ya, udah ngantuk *nguap gede gede


Hal Penting yang Harus Diperhatikan Oleh Pegawai Bank

 ,      No comments   
Hey, setiap kamu ke bank apa sih yang kamu perhatiin selama ngantri? Takpayah.com tebak – tebak nih pastilah celingukan liat nomor antrian (itu udah pasti man!). Atau meliarkan bola mata merhatiin pengunjung satu persatu. Kali aja ada yang bisa diajak ngobrol. Lumayan buat nambah temen. Atau bisa juga cuma baca koran atau main gadget sambil baca takpayah.com eaakk :D

Atau ada juga nih yang liatin petugas bank mondar mandir. Mereka rapi ya, keren! Apalagi teller sama customer servicenya, duh ga bosen deh sama keramahan mereka. Meski kadang agak lebay yaa yang penting ga nyebelin.

Nah, berdasarkan pengamatan takpayah.com ada beberapa hal yang harus diperhatikan para pegawai Bank, cekidot yuk

1. Mesti Rajin Ngupil
Upsss, jangan underestimate dulu bro. Seorang pegawai bank itu harus rajin ngupil sebagai bentuk kerapihan dan kebersihannya. Apalagi bagian yang ngitungin uang kayak teller dan beberapa pegawai di officenya yang bertugas nyimpen n ngitungin uang. Kamu bayangin aja deh, yang namanya uang itu ga pernah steril krna udah ribuan tangan yang menyentuh. So pasti kuman – kuman itu bertebaran di mana – mana. Nah pas uang dihitung di mesin itu kuman juga ga mau kalah nyangkut di lubang – lubang hidung pegawai bank. Nah klo seorang pegawai bank males ngupil kamu bayangin deh betapa ilfeelnya kita ngeliat hidungnya hiiiyyyy… Tentunya aktivitas ngupil harus memperhatikan keadaan sekitar ya :)

2. Mesti perawatan kulit intensif
Fakta kedua tentang seorang pegawai bank adalah mereka rentan banget terkena penyakit kulit. Wowwww.. Salah satu syarat jadi pegawai bank adalah berpenampilan menarik. Mulai dari berat badan hingga karakternya. Tapi ternyata penampilan yang menarik itu harus dibayar dengan kerentanan penyakit kulit. Yaaa bukan mau nakutin atau gimana tapi ini fakta. Coba deh perhatikan, mereka itu masuk kantor saat matahari lagi malu – malu pengen keluar. Dan ketika mereka pulang, matahari udah ga ada lagi alias udah malem. Hewww kapan ya jadwal ketemu sama matahari? Kerjaannya seharian di kantor, apalagi bagian office, teller dan customer service. Padahal matahari, terutama pagi hari bagus banget buat kesehatan. Ditambah lagi nih ruangan kerja yang full AC bikin kulit jadi kering dan kadang menjadi berkerut. Yaah mereka mesti ngeluarin biaya tambahan lagi buat perawatan kulit. Fiuhhh…

Sekian ya, mohon maaf klo tulisan ini menyungging para om om dan tante tante yang bekerja sebagai pegawai bank. Hmmm sebenarnya mereka itu pahlawan perbankan. Tanpa mereka ga tau deh gimana masyarakat mau dapetin pinjaman buat usaha atau naik haji :) Keep spirit!!

klik juga nih http://www.takpayah.com/artikel/hal-penting-yang-harus-diperhatikan-oleh-pegawai-bank/

3 Reaksi Orang Saat Bahagia

 ,      No comments   
Pernah dapat kabar gembira yang bikin kamu senang ga? Kalo hidup kamu suram lebih baik berhenti baca artikel ini dan cari bacaan lain yang cocok buat melengkapi kesuraman hidup kamu itu. Hahaha…

Nah siapa pun pasti pernah senang lah, yang namanya senang itu ga kenal usia, tua muda apalagi anak – anak. Bayi aja senang terus meskipun dia nangis. Di saat kamu senang harusnya ada hal – hal yang kamu lakukan untuk mengekspresikan kesenangan kamu itu. Liat aja para striker yang berhasil mencetak gol, Mereka punya cara – cara sendiri buat memperlihatkan kepada orang lain bahwa mereka tuh lagi seneng. Ada yang teriak – teriak keliling lapangan, sujud sampe manjatin pagar pembatas.

Nah, yang namanya senang itu harus dibagi biar orang lain ngerasain energi positif dari kita. Biar dunia lebih ceria, ga lucu dong semua orang harus sedih gara – gara kamu. Hewww. Berikut beberapa reaksi orang kalo lagi bahagia :

1. Kabari Orang Terdekat
Hal pertama yang kamu mesti lakuin saat dapat kabar gembira dan itu bikin kamu seneng adalah memberitahukan kabar tersebut ke orang – orang terdekat. Orang tua, temen dekat, ketua kelas, kepala sekolah, rektor sampe ketua erte. Mengabari itu penting karena dengan begitu mereka akan ngerasa dihargain.

2. Update Status
Naah berhubung kita hidup di  dunia yang udah serba sosmed, kabar gembira itu layak untuk kamu publikasikan jadi status keren di akun sosmed. Sesekali hiasi gitu status di akun sosmed kamu dengan berita – berita seru yang bikin orang lain tersenyum dan berkata selamat padamu. Kurangin deh nulis status galau dan sedih – sedihan.

3. Bersyukur
Wajib niiiih, sebagai anak muda selain gaul juga mesti bisa bersyukur. Meski semau gue tapi kita juga harus kenal sama Maha Pencipta. Bersyukur ini juga wujud rasa senang kamu loh karena udah dikasih kabar gembira yang bikin kamu senang sepanjang hari sambil nyanyi tralala tralili ala Agnes Monica. Bersyukur itu juga bikin kabar yang ga baik jadi baik dan dunia ga jadi sempit. Makanya orang yang selalu bersyukur ga pernah sedih. Loh kok jadi ceramah ya xixixii

So, setelah kamu baca artikel ini jangan lupa lakuin tiga hal di atas ya kalo kamu lagi seneng. Berbagilah kesenangan dengan orang lain karena bisa jadi energi positif itu akan ngalir ke yang lainnya. Tapi senengnya jangan lebay sampe bikin orang kesel :p

Sampe ketemu di artikel takpayah.com berikutnya

klik sini juga yah http://www.takpayah.com/artikel/3-reaksi-orang-saat-bahagia/

Monday, 18 November 2013

Gubernur Kepri di TV One

Kemunculan Gubernur Kepri pagi ini di acara Coffee Break di TV One rupanya tak membuat heboh penduduk se-Kepri hehehe... Soalnya timeline di twitter n facebook ga penuh tuh dengan yang begituan  paling ntar dihebohinnya di koran  berapa orang sih anak muda yang baca koran?

Hanya muncul beberapa menit yang lebih banyak diselingi dengan iklan Wonderful Kepri yang 'luar biasa'. Kenapa luar biasa? Karena iklan itu muncul hampir tiap detik tapi dengan gambar - gambar yang cepat pula. Sampai - sampai saya tak bisa melihat tulisan kecil di bawah tulisan besar kota/kabupatennya.

Lalu saya bertanya, apa tujuan dari kemunculan seorang Gubernur di TV One? Promosi daerah untuk pariwisata? Mencoba menaikkan jumlah wisatawan ke Kepri? Atau yang lainnya?

Di awal host acara mengawali pertanyaan strategi Kepri yang dinilai pesat dalam pembangunan. Wowww saya hanya tersenyum kecil mendengar pernyataan tersebut. Ya sudahlah... Lalu dijelaskanlah oleh Bapak Gubernur mengenai FTZ (yang ga jelas nasibnya sampe sekarang huhuhuhu). Selanjutnya tentang peningkatan ekonomi dan pembangunan antar pulau yang sekarang sedang digalakkan oleh pemerintah Prov Kepri. Plus pembangunan dengan pemanfaatan potensi kelautannya dan lain sebagainya

Hmmmm agak bingung - bingung juga begitu ya... Karena tujuan yang mengambang itu akhirnya apa yang dijelaskan oleh Bapak Gubernur menurut saya jadi ga nyambung dengan gambar - gambar yang ditampilkan di layar televisi. Kebanyakan gambar yang ditayangkan itu beberapa daerah pariwisata dan pabrik teh (loh?)

Jadi tujuannya apa? Promosi pariwisata atau promosi keunggulan pembangunan atau pendapatan per kapita? Atau mau borong semuanya? Sesuai pepatah sekali dayung dua tiga terlampaui ehehehe

Kalau memang ingin fokus pada promosi pariwisata, saya pikir mestinya Kepala Dinas Pariwisata juga menemani Pak Gub. Kalo begini outputnya apa

Dan yang lebih jadi pertanyaan besar buat saya : berapa biaya yang harus dikeluarkan oleh Pemerintah Provinsi KEPRI untuk tampil di acara tersebut. Gratis kah? Ohohoho TV One kan bukan tivi pemerintah, tivi ini juga hidup melalui iklan

So far, sukses deh buat Kepri
Jalesveva jayamahe

*refleksi kebodohan anak muda

Agus Syafriadi dalam Kenangan

Tulisan di foto profil FB nya yang terakhir :
ILMU itu dimiliki dengan LIDAH yang banyak bertanya dan AKAL yang gemar berpikir (Abdullah ibnu Abbas)

Namanya Agus Syafriadi, kelahiran 15 Agustus 1992, angkatan 51 SMANSA yang kuliah di Fakultas Hukum, Universitas Riau. Aku belum pernah bertemu dengannya, hanya mendengar ceritanya dari salah satu anak mentoring yang kebetulan merekomendasikan untuk kudekati. 

Awalnya niatku hanya ingin tahu dan mencoba menggiringnya untuk masuk dalam lingkaran dakwah di UR. Subhanallah, anak ini telah menemukan sendiri jalan itu tentu melalui tangan - tangan Allah yang memang sudah siap merangkulnya dan menjadikannya bagian dari dakwah. 

Beberapa kali chatting di facebook kusampaikan kalau nanti dia pulang ke Tanjungpinang bolehlah sekali - kali untuk kopdar. Tentu barengan sama anak mentoring yang lainnya. Lama tak chatting kudengar dia ternyata sudah masuk dalam lingkaran dakwah di kampus bahkan jadi aktivis di sana. Alhamdulillah... Semakin ingin bertemu dengan anak ini. 

Dan 17 November 2013 saat pagi itu kubaca timeline di twiiter ada sebuah kabar duka tentang kematiannya. Tak percaya begitu saja langsung kucek ke facebook dan kubaca ucapan - ucapan belasungkawa dari teman - temannya. Innalillahi wa inna ilaihirojiuun... Jiwa itu telah kembali pada Rabbnya. 

Entah mengapa meski kami tak pernah bertemu dan sangat jarang berkomunikasi tapi air mata ternyata tak bisa diajak kompromi. Pagi itu mengalir terus sampai saat aku pergi ke rumah duka. Ah, ternyata dia tinggal di daerah yang selama ini selalu kulewati. 

Ini adalah pertemuan pertama dan terakhir, meski aku tak sempat melihat wajahnya. Biasanya aku berjumpa dengan teman - teman dari dunia maya dalam acara - acara di luar kota dan sebagainya. Namun kali ini berbeda. Aku menemuinya di hari kematiannya di tempat peristirahatannya yang terakhir T.T

Selamat jalan Agus Syafriadi, meski hari ini kita tak bertemu di dunia, tapi semoga nanti kita bertemu di surga Allah bersama teman - teman lainnya. 

Tuesday, 12 November 2013

Yang Gratis Itu Kece

 ,      1 comment   
Allah tuh emang baik banget, Maha Baik, tauuuu aja kebutuhan dan keinginan hambaNya. Aku sebagai salah satu orang yang beruntung jadi ngerasa malu dan bersyukur banget selalu dapat kemudahan dalam banyak hal. 

Berhubung Pak Anis Matta akan ke Kepri, khususnya Tanjungpinang dan Batam, aku dan beberapa teman mulai atur rencana gimana caranya kami bisa pergi ke Batam buat menghadiri acara beliau. Awalnya kami berniat untuk pake motor lewat Tanjung Uban, ada juga yang pengen nyewa mobil biar lebih gampang ke sana kemarinya pas di Batam dan ga ngerepotin teman - teman di sana. Aku sendiri ga mikir untuk naik ferry karena awalnya kupikir bakalan mahal. Eeeh setelah dihitung - hitung naik ferry dari Tanjungpinang sama dari Tanjung Uban jatohnya sama aja. Malah rugi klo pake motor, udah lah capek belum lagi bensinnya -_- 

Ceritanya Pak Anis Matta ke Batam dulu baru ke Tanjungpinang, eh ternyata jadwal berubah... Beliau ke Tanjungpinang dulu baru balik ke Batam lagi. Yaah udah nyerah lah ga bisa ikut karena ga mungkin pake motor sore - sore ke Tanjung Uban. Hampir pasrah tapi masih belum nyerah untuk dapat kesempatan ke Batam. Karena kondisi lagi seret, gimana pun caranya aku pengen dapat yang gratisan hahahaha....

Eeeh dapat sms diminta untuk rapat habis maghrib, berangkatlah daku ke markas dakwah. Pucuk dicinta ulam pun tiba, ibarat cinta gayung pun bersambut. Aseekkk.... Saat ditanya apakah di antara kami ada yang ikut, langsung kujawab, "Kalo diajak kami pasti ikut pak" Hehehe.... Entah kenapa bapak yang biasanya menyeramkan itu langsung menelpon the big boss untuk menanyakan bisakah kami ikut dan mendapatkan satu kamar di lokasi. Daaaaaan, taraaaaaang... katanya boleh. ASIK!!!!!!

Sore setelah menghadiri acara Pak Anis di Pulau Penyengat, kami pun ikut rombongan para bapak muda itu ke pelabuhan. Sambil nyanyi senangnya dalam hati, aku bersyukur banget bisa dapat kesempatan ini. Yaaa meskipun agak lebay tapi tak masalah. 

Di Batam kami nginap di PIH dan ikut serta dalam dialog kebangsaan. Sayangnya karena kondisi ruangan dan membludaknya orang yang hadir, aku sama sekali ga nangkap apa yang diucapkan oleh beliau. Yang kuingat cuma kata - kata Pak Mugi : salah satu syarat jadi pahlawan itu ya mesti mati dulu -_- 

Meski demikian kami tetap ngikutin acara sampe selesai. Walopun di tengah acara anak - anak itu malah pergi nyari cemilan keluar yang diakhiri dengan adegan tersesat di Batam Center gara - gara ga ketemu jalan menuju Mega Mall. Duh! 

Aku melihat banyak orang di acara ini. Orang - orang yang selama ini mungkin cuma interaksi lewat facebook twitter ataupun chat di sosmed lainnya. Yang bikin aku bengong itu liatin tim media yang seliweran ke mana - mana. Entah iya entah bukan, tapi aku yakin aja itu mereka yang dari tim media. Dari penampilan dan cara mereka berjalan bisa ketahuan hehehe sok tau nih gue 

Tapi yang lucunya ada nih liat salah seorang aleg, klo kubilang ini salah satu aleg ganteng yang sering masuk media. Sosmednya juga jalan dan keliatannya beliau sendiri yang jadi adminnya. Pas beliau dateng eh kukira bakalan gabung sama orang - orang yang udah duduk di tempat khusus, malah berdiri di belakang sambil jepret - jepret. Hahaha kubilang pada kawan, ini aleg udah ganti profesi jadi fotografer juga ya :p keren deh!

Karena dialognya ga lagi kuikuti alurnya, jadinya selama acaranya aku cuma merhatiin orang - orang yang lewat. Yaa masih usaha buat dengerin pembicaraan orang - orang keren di depan. 

Rencananya pagi Minggu itu mau ikutan kru takpayah.com untuk sebarin kuisioner di Engku Puteri. Sekalian kenalan sama kontributor yang lainnya. Lagian kata Mahfud ada acara nulis kreatif, so pengen liat gimana acaranya. Kali aja bisa bikin acara serupa di Tanjungpinang. Tapiii apalah mau dikata Minggu pagi disambut dengan hujan selebat - lebatnya. Dan dengan berat ga jadi pergi sama sekali -_- Padahal udah nyampe di Batam dan momennya pas. Moga nanti pas acara lainnya bisa ikutan deh. 

Jam 9 pagi kami mulai gerak ke Hotel Harmoni One lokasi konsolidasi kader. Dianterin sama bapak - bapak ganteng yang ramah pula hahaha. Sampai di sana kami langsung bengong - bengong aja hahaha soalnya belum dapat tugas. Setelah dipanggil barulah mulai ambil posisi. 

Teman - teman yang lain pada grogi xixixi katanya ga pede karena bukan wilayah mereka. Yaaa cuek aja, mau di mana pun tetap siap aja deh disuruh apa aja. Mulailah dari kira - kira jam 10 kami berdiri - berdiri sambil mengarahkan undangan ke tempat duduknya masing - masing. 

Aku yang berdiri pas di depan pintu mulai deh arahin yang baru aja pada dateng. Macam - macam aja jenis orang ni ya. Ada yang mudah diarahin ada juga yang ngeyel beuuuh... Aku minta untuk penuhin dulu kursi di depan eeh malah dibales : saya di belakang aja deh bawa anak - anak. Saya di sini aja biar deket sama suami. Biar dekat sama toilet. Helllloooooo pengen deh melotot ke ibu - ibu itu -_-

Meski begitu setengah memaksa kuminta juga beberapa buat menuhin kursi di depan. Kirain ga bakalan rame eh ternyata sampe mau nyari kosong juga susah. 

Nah sambil ngarahin itu aku yang suka jelalatan ini mulai deh matanya ke mana - mana. Liatin orang - orang yang dateng, kali aja ada kenalan. Eh ada tuh liat bapak - bapak lewat senyuuuuuuum aja huahaha jadi salting. Balesin senyum deh xixixi... Ada juga ibu - ibu yang malah ngemil di belakang hayooiii...

Tapi apa pun yang mereka lakuin moga berkah deh. Yang pasti hari itu Pak Taufik Ridho nya keren beuuttt lah. Nyanyiin beberapa lagu buat kader. Sayang, ternyata rekaman di hape lupa kutekan record nya. Jadinya ga ngerekam apa - apa >_< orasi Pak Anis juga heeewww.... Ntar cari di youtube aja deh

Lumayan pegel juga berdiri puluhan menit begitu. Aku nya beberapa kali curi kesempatan untuk duduk. Pas liat orang - orang pake baju hitam itu mereka begitu keren heewwww..... Ga ada yang duduk selama acara wowww biasa latihan fisik nih. Anak - anak baru itu juga haahaha ternyata mereka juga ga duduk, kayaknya sih takut :p ya elah neng klo ga sanggup duduk aja. Saluuut lah buat mereka. 

Selesai acara kami diajak makan di rumah makan Sunda ga jauh dari Hotel. Mirip rumah makan Singgah Selalu. Modelnya prasmanan gitu, jadi kita bisa makan apa aja dan bayar sesuai yang dimakan. Enak! Makasih ya pak udah traktir kami hohoho...

Alhamdulillah acara selesai, tugas kelar, perut pun kenyang :D yang paling kece itu semua nya gratiiiisss.... 

Pulanglah kami pake ferry bersama rombongan bapak - bapak yang keren itu dan selamat mendarat di Tanjungpinang. Alhamdulillah moga perjalanan yang berkah dan diridhoi Allah ya