Thursday 17 March 2011

Komitmen

Sering mendengar istilah komitmen diumbar - umbar bukan?


Sekarang saya tidak sedang berbicara mengenai komitmen seseorang untuk menikah ataupun membahas buku Fathi Yakan yang jadi bacaan wajib kader pemula di KAMMI ( bahkan mungkin seharusnya seluruh kader pemula di organisasi manapun membaca buku ini ), Komitmen Muslim Sejati.

Berikut ini beberapa defini yang saya copas abis dari Wikipedia tentang KOMITMEN, dan kebetulan agak shahih karena yang bicara adalah para ahli.

Yuk simak!

Menurut Griffin, komitmen organisasi (organisational commitment) adalah sikap yang mencerminkan sejauh mana seseorang individu mengenal dan terikat pada organisasinya. Seseorang individu yang memiliki komitmen tinggi kemungkinan akan melihat dirinya sebagai anggota sejati organisasi.

Menurut Fred Luthan, komitmen organisasi didefinisikan sebagai :
  1. keinginan kuat untuk tetap sebagai anggota organisasi tertentu;
  2. keinginan untuk berusaha keras sesuai keinginan organisasi; dan
  3. keyakinan tertentu, dan penerimaan nilai dan tujuan organisasi. Dengan kata lain, ini merupakan sikap yang merefleksikan loyalitas kader pada organisasi dan proses berkelanjutan di mana anggota organisasi mengekspresikan perhatiannya terhadap organisasi dan keberhasilan serta kemajuan yang berkelanjutan

Dessler memberikan pedoman khusus untuk mengimplementasikan sistem manajemen yang mungkin membantu memecahkan masalah dan meningkatkan komitmen organisasi pada diri kader :
  1. Berkomitmen pada nilai manusia: Membuat aturan tertulis, memperkerjakan menejer yang baik dan tepat, dan mempertahankan komunikasi.
  2. Memperjelas dan mengkomukasikan misi Anda: Memperjelas misi dan ideologi; berkharisma; menggunakan praktik perekrutan berdasarkan nilai; menekankan orientasi berdasarkan nilai dan pelatihan; membentujk tradisi,
  3. Menjamin keadilan organisasi: Memiliki prosedur penyampaian keluhan yang koprehensif; menyediakan komunikasi dua arah yang ekstensif,
  4. Menciptakan rasa komunitas: Membangun homogenitas berdasarkan nilai; keadilan; menekankan kerja sama, saling mendukung, dan kerja tim, berkumpul bersama,
  5. Mendukung perkembangan kader: Melakukan aktualisasi; memberikan pekerjaan menantang pada tahun pertama; memajukan dan memberdayakan; mempromosikan dari dalam; menyediakan aktivitas perkembangan; menyediakan keamanan kepada kader tanpa jaminan.
Nah itu dia beberapa definisi KOMITMEN yang berhasil saya copas dari Wikipedia.
Oh ya, kata - kata KADER adalah hasil editan saya karena di naskah asli disebutkan KARYAWAN.
Hehehehe... Gak nyambung dong kalo ngomongin masalah karyawan.....

No comments:

Post a Comment